Home » » Jupiter Racing Look N Elegan

Jupiter Racing Look N Elegan

Written By Smp negeri 2 Jumantono on Minggu, 24 November 2013 | Minggu, November 24, 2013

Jupiter G1
Hi, bro...
Wah, kayak orang motor aja ya...hehehe, sekarang motor vixion sudah mengaplikasikan di spedometernya. Jadi kesannya "Hi, bro" ini cocoknya untuk pengendara motor laki ya. Terus buat para pengendara motor kwek kwek apa ya?Motor bebek maksudnya, ah, kita anggap aja sama ya, pengendara motor laki atau bebek ataupun skutik. Penulis memang lagi pengen ngacau ni nulisnya, biar nyantai n mudah dimengerti. Apa yang akan dibahas di sini kali ini, karena motor penulis motor bebek yang diberi nama jupiter maka kita akan bahas motor jupiter dengan memodifikasi. Kalau teman-teman suka modifikasi motor yang ekstrim, silakan langsung tinggalkan tulisan ini karena kali ini yang dibahas modifikasi jupiter racing look tetapi tetap terlihat elegan (maklum sudah bapak-bapak), malu kalau masih selera ABG. Langsung saja, basic motor adalah jupiter generasi pertama alias keluaran pertama kali yang bertahun 2001. Jadi jupiter ini belum ada tambahan "z" ataupun "new". Jupiter generasi pertama ini dimodif luar dalam, maksudnya bagian tampilan dan juga mesinnya. Tapi masih dalam kategori modif ringan karena untuk keperluan harian.
Operasi mesin
Belah mesin
Kita mulai dari mesin, piston standar diganti punya sonic ukuran 58,5 merk NPP yang kuat dan harga terjangkau namun sudah terbukti ketangguhannya. Otomatis blok mesin kena sentuhan ganti linernya karena ukran standar tidak bisa digunakan lagi. Kop silinder tentunya juga kena ubahan yaitu sudut klep ikut kena sentuhan. Tak ketinggalan noken as atau camshaft kena sentuhan custom atau dirubah bentuk dan sudut derajatnya. Noken as atau camshaft bukan punya jupiter bawaan namun diganti kepunyaan jupiter z yang lebih tinggi ukurannya. Sudut atau derajatnya penulis tidak tahu diubah menjadi berapa, namun oleh mekaniknya dirubah untuk kebutuhan enak buat harian. Untuk memenuhi kebutuhan asupan bensin ke ruang bakar maka karburator cukup disesuaikan main jet dan pilot jetnya serta dihaluskan kulit jeruknya. Mesin dan karburator sudah diselesaikan maka saluran buang juga harus disesuaikan ulang, yaitu ganti leher knalpot dengan leher yang ukuran lebih besar dan selencer juga diubah susunan sekat di dalamnya agar lebih bisa menyalurkan tenaga yang sudah meningkat. Urusan pengapian masih standar karena dirasa masih mumpuni, CDI jupiter lama tanpa limiter jadi sangat cocok untuk mesin yang sudah dibore-up. Koil menggunakan koil milik tetangga yaitu punya grand. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kopling otomatis diganti dengan kopling manual.
Mesin sudah selesei, sekarang urusan tampilan. Penulis ingin tampilan yang lebih modern namun tidak keluar dari image pabrikan. Modifikasi tampilan ini tergolong sederhana saja, Tampilan ini terinspirasi oleh hasil googling yaitu seperti terlihat di bawah ini. 

Konsep di samping menjadi inspirasi penulis untuk merubah jupiter lama menjadi lebih modern. Namun tentunya ubahan yang penulis terapkan jauh lebih sederhana. Body asli yang tersisa tinggal body belakang saja. Kepala diganti kepunyaan jupiter mx lama, spakbore kepunyaan jupiter mx new dan legshield atau fairing dipasang kepunyaan new jupiterz karbu. 

Rem cakram depan ikut diganti kepunyaan new jupiter z dan dipasangkan cakram lebar merk racing one untuk meningkatkkan keaamanan saat melaju dan diperlukan pengereman yang mumpuni. Arm atau lengan ayun belakang diganti model super track yang lebih kokoh dan meningkatkan kenyamanan saat berkendara juga tampilan lebih mantap. Tidak ketinggalan untuk memberi kesan racing menggunakan footstep underbone merk yoshimura. Velk menggunakan velk racing merk enkei bawaan F1ZR, sehingga sangat tangguh dan sangat sporty modelnya. Ukuran ban juga lebih besar dari standarnya yaitu menggunakan ban tubles untuk depan 80/80 merk corsa dan belakang ukuran 90/80 merk corsa juga. Ban sangat peting sekali peranannya dalam kenyaman dan keselamatan berkendara, jadi dirasa kurang nyaman kalau masih menggunakan ukuran standar dengan tenaga mesin yang sudah meningkat. 


Untuk urusan warna jupiter ini tetap mengandalkan warna bawaan STNK yaitu biru, meskipun sudah buka biru bawaan pabrik.Benar adanya power mesin mengalami peningkatan yang cukup banyak, untuk mencapai kecepatan 100 km per jam bisa diraih dengan cepat dan suara mesin masih termasuk cukup halus untuk ukuran mesin yang sudah dibore-up dan sudah mengalami custom pada noken as atau camshaft.Tentunya top speed lebih dari 100 km per jam. Motor jupiterku sekarang jauh lebih enak dibuat jalan-jalan dan tetap irit.
Mantap!

Data modifikasi:
piston : sonic 58,5
karbu : standar custom
camshaft : jupiter z custom
kopling : custum
handle rem : after market
knalpot : standar custom
headlamp : jupiter mx lama
rem depan : new jupiter z
cakram : racing one
spakbore : jupiter mx new
legshield : new jupiter z
velk : enkei F1ZR
ban depan : corsa s33 80/80
ban belakang : corsa s33 90/80
arm : super track



3 komentar:

Silahkan isi komentar yang santun dan tidak SARA. Pilih Name/URL, bagi yang tidak punya blog, URL silahkan dikosongi. Terimakasih.

Popular Posts

Translate

Twitter

Sobat Blogger